Kamis, 08 Juni 2017

Cara Mengisi Idul Fitri atau Lebaran Penuh Makna

Ketika kita memasuki bulan Ramadhan atau bulan puasa, hati mulai berbunga bunga, mulai menahan keceriaan siap siap untuk diledakan pada hari lebaran, saya rasa ini tidak saja dialami oleh umat muslim saja namun juga seluruh kalangan masyarakat indonesia.

Kenapa Lebaran bisa membuat hati begitu berbunga bunga, iya itu sudah pasti, alasan yang paling sederhana adalah Lebaran itu hari kemenangan (menang untuk makan sepuasnya, karena sudah sebulan penuh berpuasa.. hehe .. itu kalau saya), kelihatan lucu ya guys namun itu adalah salah satu faktor yang membuat kita ceria dan senang mennyambut hari lebaran.

dan kenapa juga yang Non Muslim juga ikut ceria pasca lebaran, karena dalam rentang beberapa hari pasca lebaran, hampir seluruh bisnis diliburkan jadi hampir semua orang libur panjang dan massal, dan ini dimanfaatkan untuk pulang ke kampung masing masing menemui keluarga besarnya atau sanak saudaranya.

Banyak cara dilakukan untuk mengexpresikan kesenangan menyambut hari kemenangan, biasanya menjelang lebaran kebanyakan dari kita aktifitasnya adalah berbelanja borong sana borong sini, bakar petasan, pawai keliling dan di hari H kita halal bi halal, terus silaturahmi, makan makan, bagi bagi amplop THR.

Image Source : siagangawi,com


Apapun itu, aktifitas untuk mengisi lebaran idul fitri sebaiknya dilakukan dengan perencanaan yang matang dan penuh tanggung jawab pada pelaksanaannya, karena besok setelah lebaran kita juga masih terus melanjutkan hidup dan punya kebutuhan, jangan sampai lebaran membawa kita terlalu berlebihan, dan menjadi pusing sendiri setelahnya.

Kita kembalikan kepada makna lebaran yang sejatinya, yakni merayakan hari kemenangan dalam konteks ritual keagamaan dan Saling bersilaturahmi bermaaf maaf an.

Terus bagaimana cara mengisi Lebaran penuh makna ??

Aktifitas hari lebaran sudah seperti biasa, namun ada hal yang cukup luar biasa yang harus dilakukan untuk mengisi lebaran supaya lebaran kita kali ini menjadi penuh makna, walaupun aktifitas ini sebenarnya cukup sepele namun akan membawa dampak yang luar biasa, yakni adalah tradisi sungkeman atau sungkem kepada kedua orang tua.

datanglah kepada kedua orang tua mu, cium tangan mereka, memohonlah maaf pada mereka, Tuhan akan membukakan jalan kemudahan dan kebaikan.

Orang orang besar seperti SBY dan JOKOWI pun melakukan sungkeman dengan orang tua beliau beliau, saya tau itu karena moment itu beberapa kali terekspos media.

Muliakanlah Orang tua mu, Niscaya Tuhan akan memuliakan hidup mu

Untuk tata cara melakukan sungkeman saya rasa tidak perlu saya membuat langkah dan tutorialnya, lakukan sebisanya, mumpung masih ada waktu, jadi semoga lebaran kita kali ini tidak sekedar asyik asyik dan hura hura,

Itulah tadi salah satu cara mengisi lebaran biar menjadi lebih bermakna.

untuk komentar dan saran, mohon ditulis pada kolom dibawah ini, semoga bermanfaat dan Penulis mengcapkan Terima Kasih.



EmoticonEmoticon