Friday, June 23, 2017

Asal Usul dan Sejarah Celana Jeans

Pakaian adalah kebutuhan primer yang paling utama, jadi kembali teringat pada waktu masih kecil saya sering mendengar dari guru SD saya istilah, SANDANG, PANGAN DAN PAPAN (Pakaian, Makanan dan tempat tinggal).

Pada kesempatan ini saya akan mencoba mengulas tentang sandang (Pakaian), namun kali ini sedikit beda pakaian yang kita bahas bukan lagi yang termasuk kebutuhan primer tapi lebih kepada kebutuhan yang bersifat sekunder atau malahan masuk kategori tertier, yakni Celana Jeans.

Tidak dapat dipungkiri kepopuleran Celana Jeans sudah sampai ke penjuru dunia, mulai dari yang masih anak anak sampai orang dewasa bahkan sampai orang orang tua mengenakan celana jeans

Image Source: pexels.com

akan selalu ada sejarah yang bernilai besar untuk hasil karya yang besar, salah satunya adalah hasil karya dari dunia fashion, siapa yang tidak kenal dengan Jeans (Celana Jeans), Siapa yang tidak tau Levi's (Levi Strauss) ??

Mungkin dari kecil kita sudah mengenal celana Jeans ber merk Levi's, atau malahan kita menyebut semua celana Jeans yang berbeda beda merk dengan sebutan Levi's, hehe '' sama seperti saya juga gitu guys, ok .. mari kita lanjutkan bahasan celana Jeans,

Inilah Sejarah celana Jeans, Asal Usul celana Jeans yang erat kaitannya dengan Levi's

Pada tahun 1847 pemuda dari Bavaria (Jerman) Eropa, yang bernama Levi Strauss mencoba peruntungan berangkat ke barat San Fransisco - California Levi Strauss, disana Levi Strauss adalah imigran yang cukup sukses dengan perdagangannya.

Pada Tahun 1871 Jacob Davis Seorang Imigran asal Riga (Latvia) yang bekerja sebagai penjahit pakaian di Reno (Nevada) bereksperimen dan menemukan celana berbahan dasar denim, ide berasal dari keluhan pelanggan pelanggannya yang kebanyakan adalah pekerja tambang.

Setelah penemuan ini, Jacob Davis bertemu dengan Levi Strauss dengan membawa gagasannya untuk memproduksi Celana berbahan dasar denim, sebagai pemodal Levi Strauss setuju dengan kesepakatan bagi hasil dan hak paten berdua.

Levi Strauss mendatangkan bahan dasar dari Genoa (italia), dan di tempat asalnya pemintal bahan dasar denim Genoa menyebutnya GENES, Levi Straus dan Jacob Davis memproduksi celana berbahan dasar denim berwarna biru dengan campuran warna indigo.

Pada Tahun 1873 munculah produksi pertama celana denim berwarna biru yang akhirnya terkenal dengan BLUE JEANS dengan merk LEVI'S 501 JEANS, dengan 5 kantong saku termasuk 1 kantong kecil di samping kanan depan cici khas celana jeans.

Desain pertama Jacob Davis bermerk Levi's sebenarnya lebih diperuntukan bagi para pekerja tambang Emas di California pada masa itu, itu terlihat dari kantong kecil dibagian samping depan yang berfungsi untuk menyimpan benda benda kecil (emas) hasil tambang.

Setelah masa ini, celana jeans mulai terkenal, dari tahun ke tahun celana jeans selalu membawa trend kepopulerannya, Populer pertama kali di kalangan penambang, bahkan pada tahun 1920 an celana jeans menjadi ukuran kelas pakaiannya kelas pekerja, setelah pekerja populer juga di kalangan para cowboy, Celana Jeans populer di kalangan serdadu Amerika pada masa perang dunia ke-dua sebagai seragam diluar jam dinas,

Pada tahun 1950 setelah perang dunia ke-dua, Artis Amerika James Dean mempopulerkan Celana Jeans lewat penampilannya di layar tv sehingga menjadi trend anak muda Amerika.

Kepopuleran Celana Jeans dari masa ke masa selalu menjadi trend, bahkan sampai hari ini

Jacob Davis dan Levi Straus sudah merubah peradaban dunia fashion melalui rancangan dan karyanya, tidak bisa dipungkiri lagi mereka adalah sebuah legenda dunia fashion.

Terima Kasih sudah mampir di blog saya guys

Semoga Bermanfaat


EmoticonEmoticon