Rabu, 31 Mei 2017

Kenapa Idul Fitri Disebut Lebaran

Masyarakat kita memiliki tradisi yang sangat menarik, yakni LEBARAN tradisi tahunan yang berhubungan dengan pesta untuk merayakan kemenangan yang bersifat religius, sebenarnya tradisi ini dilakukan oleh kalangan masyarakat muslim namun akhirnya, tradisi ini sangat meluas dan membumi sehingga tradisi ini dirasakan oleh semua kalangan umat beragama di negeri kita tercinta ini.

Moment lebaran yang sudah menjadi tradisi turun temurun sangat dinanti oleh semua orang, siapa yang tak kenal tradisi mudik pasca lebaran, ini sangat luar biasa, dan mungkin ini tidak ditemukan di negara lain.

Umat muslim luar negeri menyebutnya Ied Mubarak, di masyarakat kita mengenal Hari raya Idul Fitri, namun yang lebih umum lagi masyarakat kita mengenal istilah LEBARAN, iya lebaran.

Image Source : Istimewa


Entah sejak kapan dimulainya penggunaan kata lebaran ini sebagai pengganti kata Idul Fitri namun yang pasti kata lebaran ini sudah umum digunakan di masyarakat justru kata lebaran lebih memasyarakat dibanding Idul Fitri itu sendiri.

dari mana asal usul kata LEBARAN yang menggantikan kata Idul Fitri, walaupun di masyarakat kita keduanya memiliki arti yang sama ?

Secara Bahasa, LEBARAN itu berasal dari bahasa jawa yakni kata LEBAR (penggunaan E sama dengan kata LEMAS), LEBAR dalam bahasa jawa artinya adalah selesai dan orang jawa biasanya bilang BAR (selesai/rampung).

Jadi maksud kata LEBARAN untuk Idul Fitri adalah suatu moment perayaan hari kemenangan atas sebuah perjuangan spiritual (setelah sebulan berpuasa), dan saat kemenangan itulah masyarakat saling bersilaturahmi untuk bermaaf maaf an.

Terima Kasih sudah mampir ke blog kami, semoga bermanfaat, untuk kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar. 




1 komentar so far

Mantap penjelasannya. Sebelumnya sih cuma tahunya Lebaran itu Hari Raya Islam. Sekarang tahu asal usulnya juga.
Thanks ya.


EmoticonEmoticon