Sabtu, 27 Mei 2017

Kamu Harus Tau Asal Usul Kata Bahagia

Banyak orang yang berlomba lomba mengejar bahagia, dan banyak cara yang ditempuh mulai dari bekerja, membuka usaha baik secara halal sampai yang tidak halal, hanya demi satu tujuan yakni bahagia.
Bahkan pada jaman sekarang ini, kebanyakan orang berpendapat kebahagian ditentukan dari jumlah harta benda yang ia miliki, itu tidak salah namun tidak sepenuhnya juga tepat, banyak contoh yang kita jumpai di kehidupan nyata sehari hari, ada orang yang kaya raya rumahnya gedung, mobilnya mewah perusahaannya dimana mana, tapi setiap hari ngeluh, setiap hari stress, marah marah sama anak buah, satu hari 24 jam menurut dia masih kurang, sampai sampai ga ada waktu buat keluarganya, karena saking sibuknya.
Apakah dia merasa bahagia??
Jawabannya adalah “Belum Tentu”
Karena Harta itu hanyalah salah satu sarana untuk mencapai bahagia, masih ada beberapa faktor yang menentukan, pastinya masih ada kesehatan, keluarga yg harmonis, rasa syukur, dan masih banyak yang lainnya.
Kali ini saya akan membahas tentang BAHAGIA dari segi kosakata nya.
BAHAGIA menurut kamus besar bahasa indonesia adalah keadaan atau perasaan senang dan tenteram (lepas dari semua hal yang menyusahkan),
itu benar tapi apa korelasi antara kata bahagia dengan perasaan senang dan tenteram??
Setelah melalui analisa yang cukup panjang, penulis akan coba mengkorelasikan kata bahagia dengan perasaan senang dan tenteram, BAHAGIA berasal dari kata dasar BAHAGI atau BAGI, sekarang kita masuk ke ranah sosial, kemanusian dan religi, ketika kita bisa menolong orang lain yang sedang dalam kondisi susah kita memBAGIkan sesuatu yang kita punya kita akan merasa lega, merasa senang, merasa terharu dan pastinnya merasa bersyukur.
Image Source : Istimewa
Ketika kita bisa berBAGI (beramal) dengan sesama yg kurang mampu, kita akan merasakan sensasi perasaan senang, tenteram, haru, syukur.
Dalam artikel kali ini penulis mau menguak sisi lain dari bahagia melalui kosakata nya, yakni BAHAGIA sama dengan BAHAGI atau BAGI.
Kesimpulan artikel kali ini adalah kalau kamu ingin BAHAGIA maka BERBAGILAH
Terima Kasih sudah mau berkunjung ke blog kami, untuk segala koreksi, saran dan kritik, silahkan tulis di kolom komentar.


EmoticonEmoticon