Selasa, 30 Mei 2017

Asal Usul dan Makna Halal Bi Halal yang Perlu Kita Tahu

Masyarakat kita memiliki tradisi yang unik dan menarik, sebuah tradisi yang sudah membudaya dan perlu kita terus jaga serta lestarikan, karena nilai positif yang terkandung di dalamnya, yakni acara perayaan Halal bi halal di dalam moment hari raya Idul Fitri.

Biasanya acara Halal bi halal sendiri dilakukan setelah selesai pelaksanaan Sholat Ied (Iedul Fitri) sampai beberapa hari setelahnya, dimulai dari acar Halal bi halal keluarga, ke tetangga, saudara / kerabat, teman dan yang terakhir biasanya lingkungan pekerjaan (kantor atau instansi lainnya).

Walaupun Acara Halal bi halal sudah biasa dilakukan oleh masyarakat kita, namun kemungkinan masih banyak dari masyarakat kita yang belum tau makna dan sejarah awalnya bagaimana halal bi halal ini terjadi, yang kita tau pasti halal bi halal adalah acara untuk saling bersilaturahmi, untuk saling memohon maaf dan memaafkan.

Image Source : pixabay.com


Secara bahasa Halal bi halal berasal dari kata Halla atau halal yang bisa berarti menyelesaikan permasalahan, meluruskan benang yang kusut. dengan begitu berharap dengan acara Halal bi halal hubungan yang awalnya tidak baik menjadi baik.

Secara hukum Halal berarti lawan dari Haram, halal bi halal untuk melepaskan diri dari perbuatan yang haram, atau dosa.

Sejarah awal Halalbihalal di Indonesia, Halal bi halal merupakan adopsi dari bahasa Arab Halal dan Bi, namun kalimat Halal bi halal tidak diketemukan dalam perbendaharaan kata di Arab, jadi istilah Halal bi halal adalah produk Indonesia.

Kira kira acara Halal bi halal pertama kali diadakan pada tahun 1948 pada masa Presiden Soekarno, dengan penggagas adalah KH Wahab Hasbullah, tempat diadakannya di Istana Negara dengan tujuan utamanya adalah untuk mempersatukan elit politik yang berkonflik pasca kemerdekaan Reublik indonesia.

Pada saat itu semua petinggi politik diundang untuk bersilaturahmi dan berhalal bi halal dengan tujuan persatuan Indonesia, dan tradisinya masih berlanjut sampai sekarang.

Terima Kasih sudah mau berkunjung di Blog kami, segala saran dan kritik silahkan isikan di kolom komentar.






EmoticonEmoticon